7 Tips Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berminyak yang Mudah dan Nyaman Digunakan

7 Tips Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berminyak yang Mudah dan Nyaman Digunakan

Bukan rahasia lagi bahwa wanita membutuhkan produk sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Banyak sunscreen yang dijual di toko kosmetik. Namun, bagaimana caa memilih sunscreen untuk kulit berminyak yang aman? Berikut adalah ulasannya.

Memilih sunscreen juga harus jeli, terutama untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Kesalahan memilih produk sunscreen malah menyebabkan wajah lebih berminyak. Hal ini jelas dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat. Berikut ini adalah beberapa cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak.

1. Pilih sunscreen berbahan dasar mineral

Anda harus tahu bahwa produk sunscreen terdiri dari dua jenis. Yakni sunscreen yang mengandung bahan kimia dan juga yang mengandung bahan mineral. Untuk sunscreen dengan kandungan bahan kimia biasanya seperti oxybenzone octinoxate. Sementara untuk sunscreen yang mengandung bahan mineral seperti zinc dioksida.

Kedua jenis sunscreen ini sebenarnya aman untuk kulit. Namun, untuk kulit berminyak serta berjerawat lebih disarankan menggunakan sunscreen dari bahan mineral. Hal ini karena kandungan mineral di dalam sunscreen lebih ramah dan aman untuk kulit. Sunscreen dari bahan dasar mineral juga minim terjadi reaksi alergi pada kulit.

2. Pilih sunscreen tanpa kandungan pewangi

Beberapa merek sunscreen mungkin mengandung pewangi. Sebaiknya Anda menghindari sunscreen yang mengandung pewangi tersebut. Karena produk seperti ini umumnya mengandung alkohol dan parfum. Dua bahan ini tak baik untuk kesehatan kulit Anda. Apalagi untuk jenis kulit yang berminyak. Justru akan membuat produksi minyak semakin banyak.

3. Pilih sunscreen berlabel non-comedogenic

Formula non-comedogenic tidak berpotensi menyumbat pori-pori hingga timbul jerawat. Untuk itu formula ini sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak. Tidak hanya sunscreen, bahkan toner juga disarankan yang memiliki formula ini.

4. Pilih sunscreen bertekstur ringan atau gel

Sunscreen untuk kulit berminyak lebih disarankan yang bertekstur gel. Tekstur gel lebih ringan di wajah. Tekstur gel umumnya berbahan dasar air. Karena itulah tekstur ini ringan dan nyaman di wajah. Selain itu, tekstur gel mudah menyerap di kulit, tak terkecuali jenis kulit berminyak.

5. Pilih sunscreen dengan perlindungan yang luas

Carilah sunscreen yang mampu melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV A dan UV B. Beberapa sunscreen hanya melindungi kulit dari salah satu sinar UV saja. Oleh sebab itu Anda harus secara cermat memilih merk sunscreen yang sesuai.

6. Tetap gunakan pelembab dan obat jerawat

Walaupun kulit Anda telah terlindungi, produk perawatan kulit lainnya tidak boleh Anda lupakan. Sunscreen hanya melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV, bukan untuk melembabkan serta mengurangi jerawat.

Pelembab dapat mencegah kulit kering ketika Anda menggunakan obat jerawat. Urutan penggunaan produk perawatan yaitu dimulai dari obat jerawat terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan pelembab. Setelahnya barulah menggunakan sunscreen.

7. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips yang tak kalah penting yaitu harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, maka pilih sunscreen yang tahan air dan keringat. Jika Anda lebih sering berada di dalam ruangan, pilihlah sunscreen yang juga mengandung pelembab.

Konsultasikan ke dokter apabila Anda masih ragu dalam memilih sunscreen. Dokter akan merekomendasikan produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit serta kebutuhan Anda. Tak menutup kemungkinan Anda juga akan diminta mengonsumsi vitamin demi menjaga kesehatan kulit.

Demikianlah cara mencari sunscreen untuk kulit berminyak yang bisa Anda terapkan. Cermat serta teliti dalam memilih produk kecantikan adalah hal terpenting.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar