Tips Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Kulit Glowing Tanpa Noda

Tips Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Kulit Glowing Tanpa Noda

Kulit bersih bebas noda adalah impian semua orang, tak terkecuali laki- laki. Sayangnya untuk Anda pemilik kulit berjerawat seringkali bermasalah dengan noda bekas jerawat.

Jerawat dapat muncul karena beberapa faktor, diantaranya karena stress, hormonal, sensitif terhadap produk kosmetik, maupun faktor genetik.

Jerawat tidak hanya dapat muncul di wajah, namun juga dapat muncul di bagian tubuh lainnya seperti pada punggung dan pundak.

Noda bekas jerawat sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya, namun pada sebagian orang akan membutuhkan waktu yang lama, terlebih jika memang anda memiliki banyak jerawat.

Kulit yang cenderung berminyak juga mudah timbul jerawat dan komedo dikarenakan minyak akan bercampur dengan polusi/ kotoran dan menyumbat pori- pori. Berikut ini adalah tips untuk menghilangkan bekas jerawat agar kulit glowing bebas noda.

1. Eksfoliasi

Exfoliasi merupakan metode membersihkan permukaan kulit untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, serta makeup.

Exfoliasi dapat dilakukan menggunakan scrub, atau menggunakan produk yang mengandung AHA dan BHA.

Maraknya dunia skincare di kalangan milenial membuat Anda tidak perlu susah payah mencari produk tersebut.

Produk exfoliasi yang sudah sering digunakan oleh banyak orang adalah scrub. Facial scrub dan body scrub dapat dengan mudah kita jumpai di toko.

Selain mudah digunakan, scrub dapat membuat kulit bersih, halus dan terlihat lebih cerah.

Selain scrub, produk dengan kandungan AHA dan BHA kini sedang marak diperbincangkan. Kedua kandungan senyawa ini dikenal sebagai chemical exfoliator.

Fungsi AHA adalah mengangkat sel kulit mati sehingga mempercepat proses regenerasi kulit. Sedangkan fungsi BHA adalah membantu meredakan peradangan dan kemerahan pada kulit sehingga cocok digunakan untuk pemilik kulit berjerawat.

Untuk hasil yang maksimal exfoliasi dapat dilakukan seminggu dua kali. Jika terlalu sering dapat mengakibatkan kulit menjadi sensitif dan iritasi.

2. Gunakan Sunscreen/ Sunblock

Cara menghilangkan bekas jerawat juga dapat dilakukan dengan menggunakan sunscreen dan sunblock.

Secara umum sunscreen dan sunblock memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi kulit dari UVA dan UVB sinar matahari.

Sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan dan mudah menyerap ke dalam lapisan kulit sehingga menyerap sinar matahari yang masuk ke lapisan kulit.

Sedangkan sunblock memiliki tekstur yang lebih thick dan lebih berat. Sunblock berfungsi untuk menangkal sinar matahari yang mengenai lapisan luar kulit.

Noda bekas jerawat akan tambah menghitam jika terkena sinar matahari, ditambah dengan bahaya UVA UVB yang menyebabkan pembentukan melanin dan kerusakan kulit/ sun damage.

Dengan menggunakan sunscreen/ sunblock secara teratur akan membantu memudarkan bekas jerawat serta melindungi kulit dari kerusakan dan memperlambat penuaan kulit.

Selalu gunakan sunscreen/ sunblock ketika beraktifitas di luar ruangan dan selalu reapply agar kulit selalu terlindungi. Semakin tinggi kandungan SPF maka semakin maksimal dalam melindungi kulit.

3. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada produk kecantikan sudah jadi favorit banyak orang dari jaman dulu. Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit, membuat kulit terlihat lebih cerah dan memudarkan noda.

Secara alami Anda dapat menemukan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah-buahan seperti jeruk.

Anda dapat membuat masker dari buah jeruk nipis atau lemon untuk cara secara alami. Jika Anda butuh vitamin C yang lebih maksimal, Anda dapat melakukan suntik vitamin C di dokter spesialis dan klinik kecantikan yang terpercaya.

4. Niacinamide

Kaum milenial pasti sudah tidak asing dengan kandungan yang satu ini. Niacinamide dipercaya mampu menghidrasi kulit, memperbaiki skin barrier, serta mencerahkan kulit.

Industri kecantikan berlomba- lomba untuk memproduksi produk dengan kandungan niacinamide, mulai dari facial wash hingga face mask.

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba menggunakan niacinamide, disarankan untuk menggunakan niacinamide dengan konsentrasi 5% terlebih dahulu, setelah dirasa cocok dapat melanjutkan dengan konsentrasi yang lebih tinggi.

5. Laser

Tips menghilangkan bekas jerawat berikutnya adalah dengan metode laser. Bagi Anda yang memiliki budget lebih dapat melakukan perawatan laser di klinik kecantikan terpercaya atau di dokter kulit.

Dengan laser maka noda jerawat akan dengan cepat menghilang. Selain itu laser akan memperbaiki struktur kulit dan menjadikan kulit halus tanpa cela.

Beberapa tips menghilangkan bekas jerawat di atas dapat Anda coba.

Pastikan Anda menggunakan produk yang aman dan sudah terdaftar BPOM sehingga Anda tak perlu khawatir akan kandungan bahan berbahaya di dalamnya.

Seringkali kita tergiur dengan harga yang murah dengan hasil instan yang ternyata mengandung bahan berbahaya.

Untuk perawatan di klinik kecantikan seperti laser, pilihlah klinik terpercaya yang memiliki dokter khusus. Selamat mencoba!

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar