Wajib Simak! Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami Berikut Ini

Wajib Simak! Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami Berikut Ini

Apakah Anda pusing bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah? Tidak perlu khawatir, mengecilkan pori-pori wajah bisa dilakukan di rumah dengan cara alami. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar untuk melakukannya. Tentu Anda harus rutin melakukan perawatan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda harus tahu terlebih dahulu mengapa pori-pori wajah membesar. Hal ini dapat terjadi karena produksi sebum secara berlebihan pada wajah. Produksi sebum secara berlebih ini membuat pori-pori wajah membesar untuk mengeluarkan sebum yang berlebih. Karena pori-pori wajah membesar, sangat rentan dimasuki kotoran serta debu. Makin lama kotoran akan menumpuk, akhirnya menyumbat pori-pori.

Nah, setelah mengetahui penyebab pori-pori membesar, berikut ini adalah cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami yang bisa Anda coba.

1. Gunakan cleansing oil atau cleansing milk

Cara mengecilkan pori-pori yang pertama adalah menggunakan cleansing milk atau cleansing oil. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni mengangkat kotoran pada sel wajah. Perbedaan keduanya terletak pada teksturnya. Untuk cleansing milk lebih sedikit mengandung minyak dan ringan di wajah. Cleansing oil justru sebaliknya.

Cleansing milk dan cleansing oil digunakan sebelum Anda mencuci muka. Keduanya sangat membantu mengangkat kotoran seperti debu yang menumpuk pada pori-pori wajah. Tidak hanya kotoran debu, tapi juga sisa make up yang tersisa pada wajah.

2. Cuci wajah pakai sabun wajah

Mengapa harus mencuci muka dengan sabun, padahal sudah memakai cleansing milk atau cleansing oil? Karena sabun cuci muka membersihkan kotoran yang sudah terangkat oleh cleansing milk atau cleansing oil dan sudah ada di permukaan kulit. Sabun cuci muka juga mampu membersihkan minyak dan sisa kotoran yang tertinggal.

Tidak hanya itu, sabun cuci muka juga membersihkan sisa cleansing milk atau cleansing oil yang telah digunakan. Cleansing milk atau cleansing oil mengandung minyak. Jika tidak dibersihkan dari wajah, maka akan menyebabkan jerawat.

3. Bilas dengan air suhu ruangan

Cara mengecilkan pori-pori berikutnya adalah membilas wajah dengan air suhu ruangan. Suhu ruangan yang dimaksud disini adalah air yang tidak dingin dan tidak panas. Air suhu ruangan lebih stabil hingga lebih mendukung untuk mengecilkan pori-pori wajah. Air dengan suhu ruangan juga tidak memberikan efek yang ekstrim pada kulit wajah.

Hindari menggunakan air panas untuk membilas wajah. Karena air panas justru membuat pori-pori wajah Anda lebih besar. Jika Anda melakukan perawatan facial, maka wajah Anda akan diberi uap hangat. Hal ini untuk membesarkan pori-pori wajah.

4. Menggunakan masker madu

Menggunakan masker madu adalah cara mengecilkan pori-pori wajah berikutnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa madu memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat digunakan untuk masker wajah. Sudah banyak yang membuktikan manfaat madu untuk wajah.

Madu sendiri bermanfaat untuk melembabkan wajah secara alami. Madu juga membuat kulit menjadi lebih kenyal, lebih glowing, bahkan untuk mencerahkan wajah. Masker madu membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Untuk pemakaian masker madu sendiri sendiri cukup tiga kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, penggunaaan masker madu ini harus rutin agar hasilnya maksimal.

5. Menggunakan es batu

Es batu juga bisa menjadi alternatif cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Efek dingin pada es batu dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Cara penggunaannya pun cukup mudah serta hemat biaya.

Anda hanya perlu mengambil kain bersih, lalu bungkus es batu di dalamnya. Setelahnya, oleskan kain dengan es batu tersebut pada wajah secara perlahan dan merata. Lakukan perawatan ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar