Apa itu Facial Wajah? Yuk Ketahui Manfaatnya! 

Apa itu Facial Wajah? Yuk Ketahui Manfaatnya! 

Bagi yang ingin melakukan facial wajah perlu memperhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, meskipun manfaat perawatan ini diyakini efektif mencegah berbagai masalah kulit. Yuk, cari tahu informasi lengkapnya dibawah ini!

Perawatan wajah dengan cara facial memang cukup populer di kalangan wanita Indonesia, hal ini karena dipercaya ampuh membersihkan kulit wajah hingga ke dalam pori-pori, membuat kulit bersih berkilau yang menjadi impian para wanita..

Hanya saja perawatan wajah dengan facial ini bukanlah hal yang harus dilakukan secara rutin, namun untuk sesekali saja tidak menjadi masalah, mengingat memiliki efek samping yang bisa membuat kulit menjadi kemerahan dan sensitif.

Sekilas Tentang Facial

Facial wajah adalah salah satu perawatan kecantikan yang ditujukan untuk membersihkan kotoran, debu dan minyak di wajah. Perawatan ini biasanya dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit wajah.

Adapun facial ini idealnya dilakukan setiap empat minggu sekali, mengingat proses regenerasi sel kulit terjadi dalam kurun waktu kurang lebih 28 hari, maka perawatan ini tidak boleh dilakukan secara rutin setiap hari maupun terlalu sering.

Frekuensi perawatan wajah dengan facial dilakukan sesuai dengan masalah kulit, seperti kulit sudah tampak kusam, muncul banyak komedo atau mengalami hiperpigmentasi. Lantas, apa saja manfaat facial bagi kulit wajah?

Manfaat Facial Kulit Wajah

Jika perawatan kulit wajah dengan cara facial dilakukan dnegan benar, maka akan mendapatkan banyak manfaat yang mana tidak hanya membersihkan kulit wajah saja. Adapun manfaat perawatan facial lainnya adalah sebagai berikut:

1. Meremajakan Kulit Wajah

Seiring bertambahnya usia maka kulit wajah jadi mengendur, untuk mendapatkan kulit wajah kembali kencang bisa dengan facial, baik menggunakan produk kecantikan yang beredar di pasaran atau perawatan di klinik kecantikan.

2. Mengangkat Komedo

Facial yang tepat dilakukan oleh ahlinya, maka bisa membantu mengangkat komedo secara efektif, dengan bahan khusus mengangkat komedo untuk mengeluarkan sumbatan pori-pori sehingga wajah menjadi lebih bersih dan sehat.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kulit wajah kering dan kasar biasanya disebabkan adanya sel kulit mati, jika produksi minyak berlebih maka bisa menimbulkan jerawat. Dengan facial wajah membantu proses pengangkatan sel kulit mati sehingga kulit menjadi lembut dan cerah.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat facial dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, melalui pijatan saat proses facial inilah membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Facial juga membantu sel tubuh mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

5. Membuat Rileks

Pijatan selama melakukan facial muka bisa membuat rileks dan meredakan stres, dengan adanya pijatan di wajah sehingga mampu mengaktifkan sistem saraf simpatik, maka suasana hati akan meningkat dan kecemasan akan berkurang.

Apakah Kulit Berjerawat Boleh Facial?

Sebelum melakukan facial wajah maka perlu memperhatikan beberapa hal, seperti wajah berjerawat apakah boleh facial? Sebenarnya boleh saja, namun perlu pertimbangkan seberapa parah jerawat pada wajah.

Jika jerawat mengalami peradangan atau bahkan bernanah, maka sebaiknya tidak melakukan facial. Hal ini karena facial bukan untuk mengobati jerawat, namun membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati maupun komedo.

Kemudian jika setelah facial mengalami reaksi kulit gatal, iritasi dan kering, maka sebaiknya hindari paparan sinar matahari agar kondisinya tidak memburuk. Untuk mengatasinya, bisa oleskan tabir surya untuk mencegah iritasi semakin parah.

Demikian informasi seputar perawatan kulit wajah dengan cara facial, meskipun banyak manfaatnya namun untuk kondisi kulit tertentu sebaiknya tidak melakukan facial. Semoga informasi bermanfaat.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar