Macam-macam Bintik Putih di Muka yang Patut Diwaspadai

Macam-macam Bintik Putih di Muka yang Patut Diwaspadai

Ada beberapa bintik putih di muka dengan penyebab dan cara penanganan berbeda. Sebaiknya ketika mulai muncul, segera lakukan penanganan agar tidak sampai merembet ke bagian lain dan mengganggu penampilan.

Bintik putih yang muncul di wajah sering dikeluhkan oleh banyak orang baik laki-laki ataupun perempuan. Oleh karenanya kamu perlu mengetahui apa saja penyebab utamanya supaya bisa menghindarinya.

Simak Macam-macam Bintik Putih di Muka

Bagi banyak orang, muka adalah aset berharga yang perlu dijaga kesehatannya sehingga tampilan tetap terlihat menarik. Lalu apa saja macam-macam bintik putih itu? di bawah ini akan dijelaskan ulasannya secara lengkap:

1. Pityriasis Alba

Jenis dari bintik putih di muka ini adalah sejenis eksim yang umumnya menyerang pada anak berusia 3-16 tahun. Bentuknya sendiri beragam yaitu bundar, oval, atau tanpa bentuk.

Mengenai penyebab utamanya belum diketahui secara pasti. Namun penyebabnya diduga karena dermatitis atopik, paparan sinar matahari berlebihan, dan jamur. Gejalanya bisa sembuh sendiri dalam hitungan bulan atau bahkan sekitar 3 tahun. Untuk menghilangkan rasa gatalnya, biasanya dokter menyarankan penggunaan steroid topikal.

3. Tinea Versicolor

Penyebab utamanya kemunculan kelainan pigmen pada kulit satu ini yaitu diakibatkan oleh jamur. Awalnya, bintik-bintik yang muncul biasanya bersisik dan berwarna merah muda atau coklat kemudian berubah menjadi bintik putih.

Orang segala usia bisa mengalaminya terutama untuk orang-orang yang tinggal di iklim lembab atau akibat adanya gangguan sistem imun. Obat yang umumnya disarankan untuk digunakan adalah salep anti jamur.

4. Milia

Tentu kamu sudah tidak asing dengan masalah kesehatan kulit ini karena sering tiba-tiba muncul pada area-area wajah paling terlihat misalnya sekitar mata, pipi, dan hidung. Milia sendiri sering disebut sebagai jerawat batu dengan bentuk kecil dan berwarna putih.

Para ahli kecantikan kulit, tidak menyarankan menusuk bagian benjolan kecil ini. Cukup biarkan saja karena bisa sembuh dengan sendirinya. Apabila tidak membaik, kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter.

Munculnya bintik putih di muka perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan parah. Periksakan ke dokter ahli dalam bidangnya untuk mendapatkan perawatan paling tepat.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar