Bintik Merah Pada Kulit, Ketahui Apa Saja Penyebabnya

Bintik Merah Pada Kulit, Ketahui Apa Saja Penyebabnya

Kemunculan bintik merah pada kulit perlu dicari tahu apa sebenarnya penyebabnya. Jangan sampai membiarkannya begitu saja apalagi jika sudah mengganggu misalnya menimbulkan gatal yang tidak berkesudahan atau lainnya.

Masalah kesehatan kulit ini bisa saja menyerang siapapun karena kulit merupakan bagian tubuh terluar manusia dan rentan bersentuhan dengan benda asing. Lalu apa saja penyebabnya? cari tahu jawabannya pada artikel ini.

Penyebab Bintik Merah Pada Kulit

Sebagian dari kamu mungkin belum tahu secara spesifik apa saja yang bisa menyebabkan bintik merah pada kulit. Langsung saja simak jawaban lengkapnya pada ulasan berikut ini:

1. Infeksi Jamur (Candidiasis)

Berbagai jenis jamur dapat bertahan di tubuh manusia dan menimbulkan masalah kesehatan. Sebagian besar disebut-sebut tidak berbahaya tetapi tetap saja menimbulkan rasa kurang nyaman.

Membahas mengenai jamur, jenis jamur candida mampu memunculkan bintik-bintik merah pada kulit dan meninggalkan rasa gatal sekaligus perih. Biasanya bintik ini akan muncul di sekitar ketiak, selangkangan, lipatan kulit, sudut mulut, di bawah payudara, atau sela-sela jari.

2. Sifilis

Penyebab dari munculnya masalah kesehatan ini adalah karena Treponema pallidum melalui aktivitas seksual baik secara oral maupun anal. Gejala umum yang dirasakan oleh penderita ketika terinfeksi adalah munculnya bintik merah yang menjadi luka kecil, akan tetapi tidak menyebabkan nyeri.

Bintik-bintik merah yang dimaksud akan muncul pada sekitar alat kelami atau di area mulut. Penyembuhannya memerlukan waktu cukup lama yaitu sekitar 6 minggu tanpa perawatan. Supaya lebih cepat dan meminimalisir penularannya, bisa membawa ke dokter.

3. Scabies (Kudis)

Kutu Sarcoptes scabiei var. hominis disebut-sebut sebagai penyebab utama dari penyakit kudis ini. Gejala yang akan kamu rasakan adalah gatal berlebih pada lokasi munculnya bintik merah.

Scabies mampu bertahan 1-2 bulan pada satu individu, akan tetapi ketika berpindah ke orang lain diperkirakan bertahan 2-3 hari. Kabarnya scabies tidak bisa bertahan di suhu ruangan 50o karena udara tersebut terasa begitu panas..

Munculnya bintik merah pada kulit yang telah mengganggu perlu diperiksakan lebih lanjut ke ahlinya. Jangan membiarkannya terlalu lama karena beberapa diantaranya dapat menjadi penyakit menular.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar