Bingung Pilih Sunblock Wajah? Simak 5 Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih!

Bingung Pilih Sunblock Wajah? Simak 5 Tips Berikut Agar Tidak Salah Pilih!

Umumnya, kandungan di dalam sebuah sunblock terdiri dari kimia dan fisik berdasarkan cara kerjanya. Bahan kimia pada sunblock wajah berfungsi mengubah sinar UV menjadi panas agar tidak membahayakan kulitmu. Sedangkan bahan yang bersifat fisik bertugas memantulkan sinar UV agar sel-sel kulitmu terjaga.

Untuk kamu yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan, produk sunblock wajah telah menjadi kebutuhan yang wajib. Tentu saja karena kamu akan lebih sering terpapar oleh sinar matahari. Jika terpapar sinar matahari terlalu sering, maka secara alami warna kulitmu akan berubah menjadi gelap. Hal ini merupakan cara alami untuk mencegah kerusakan sel pada kulit.

Apabila kamu masih bingung dalam memilih sunblock wajah yang bagus, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Memilih produk dengan jumlah SPF dan PA sesuai kebutuhan

Angka indikator menunjukkan seberapa tinggi efek perlindungan dari sebuah produk sunblock. Meskipun perlindungan yang didapat juga tinggi, ada hal yang perlu kamu waspadai. Perlindungan yang tinggi ini dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi pada kulit.

Jika kamu menggunakan sunblock wajah untuk kegiatan sehari-hari, maka sunblock dengan kandungan SPF 15 lebih direkomendasikan untukmu. Sedangkan jika kamu menggunakan sunblock untuk kegiatan olahraga di luar ruangan, maka sunblock SPF 15-40 adalah solusinya. Jika kamu ingin berlibur ke pantai, maka gunakan sunblock SPF 30-50.

2. Gunakan sunblock fitur waterproof jika ingin berlibur ke pantai

Fitur waterproof pada sunblock wajah membuat kulitmu lebih terlindungi di dalam air.  Produk ini bisa kamu pilih ketika kamu hendak berlibur ke pantai atau kolam renang. Jangan khawatir, mencari produk sunblock dengan fitur waterproof sangat mudah. Kamu bisa temui di toko skincare di sekitarmu.

Seperti namanya, sunblock waterproof berarti tidak mudah luntur jika dibersihkan menggunakan sabun mandi atau sabun cuci muka biasa. Untuk itu, kamu juga wajib menyediakan cleanser khusus untuk sunblock dengan fitur waterproof.

3. Sunblock dengan kandungan anorganik aman untuk kulit sensitif

Tahukah kamu bahwa sunblock memiliki dua jenis? Yakni organik dan anorganik. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, sunblock anorganik cocok untukmu. Hal ini karena sunblock anorganik bebas dari bahan kimia yang rentan untuk kulit sensitif.

Sunblock dengan bahan organik dapat menyerap sinar UV. Berbeda dengan sunblock bahan anorganik, yakni dapat menghamburkan dan memantulkan sinar UV. Namun kandungan logam pada sunblock anorganik membuatnya memiliki efek penyerap sinar UV.

4. Pilih sunblock yang mudah dipakai

Sunblock tersedia dalam berbagai jenis bentuk, seperti krim, lotion, dan gel. Setiap jenis sunblock memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kamu dapat memilih jenis sunblock yang sekiranya nyaman untuk kamu aplikasikan pada kulitmu.

Sunblock jenis gel memiliki tekstur yang tipis serta transparan. Sunblock jenis ini lebih banyak diminati di pasaran. Warna bening sunblock yang kamu guanakan tidak akan mempengaruhi warna kulit. Semua jenis produk sunblock memiliki efek dan manfaat yang sama.

5. Hati-hati dengan produk sunblock yang diminum

Umumnya, produk sunblock diaplikasikan pada kulit penggunanya. Baik kulit pada wajah, maupun kulit pada tubuh. Namun ada juga produk sunblock yang hadir dalam bentuk tablet. Produk sunblock jenis tablet tidak perlu diaplikasikan pada kulit.

Walaupun begitu, sunblock jenis tablet ini belum terbukti khasiat serta manfaatnya. Kamu harus hati-hati jika memilih produk sunblock jenis tablet. Alih-alih melindungi kulit, justru menyebabkan masalah pada kulit. Sebaiknya kamu selektif dalam memilih produk sunblock.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar