Jerawat Pada Pipi Mengganggu? Ayo Cari Tahu Penyebabnya

Jerawat Pada Pipi Mengganggu? Ayo Cari Tahu Penyebabnya

Jerawat yang muncul pada wajah dapat mengurangi kepercayaan diri Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah tipe berminyak pasti sudah terbiasa dengan munculnya jerawat. Salah satu penyebab umum timbulnya jerawat adalah karena terjadi penumpukan sebum dan kotoran yang menyumbat pori sehingga membentuk jerawat dan komedo. Tak jarang juga wajah berjerawat menjadi sensitif terhadap komposisi tertentu, bahkan alergi makanan juga dapat menyebabkan jerawat pada kulit wajah.

Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Pipi

Mengapa jerawat paling banyak muncul di wajah? Pasti Anda sering bertanya- tanya akan hal tersebut. Hal itu dikarenakan wajah adalah bagian paling sensitif pada tubuh kita dan memiliki kelenjar minyak yang paling banyak. Jerawat yang muncul pada pipi bisa jadi indikasi adanya sesuatu. Karena pipi adalah bagian dari wajah yang sensitif. Penyebab timbulnya jerawat pada pipi antara lain adalah  tidur beralaskan bantal yang kotor, alergi makanan, dan alergi terhadap bahan kosmetik.

1. Tidur Menggunakan Bantal yang Kotor

Sebagian orang cuek dengan hal yang satu ini. Tahukah Anda bahwa tidur beralaskan bantal yang tidak bersih dapat memicu timbulnya jerawat? Hal tersebut dikarenakan kotoran yang terdapat pada permukaan bantal akan menempel pada kulit. Bagian wajah yang secara langsung menempel pada permukaan bantal adalah bagian pipi, sehingga bagian pipi sangat mudah berjerawat.

Untuk menghindarinya gantilah sarung bantal dan alas tidur Anda sesering mungkin setidaknya 1 kali seminggu. Bantal yang lembab juga dapat memicu timbulnya jerawat. Hal itu dikarenakan pada bantal yang lembab biasanya ditumbuhi jamur. Untuk Menghindari tumbuhnya jamur, seringlah menjemur alas tidur anda terutama bantal dan guling pada terik matahari. Dengan cara tersebut dapat meminimalisir kulit Anda untuk berjerawat.

2. Alergi Makanan

Jerawat yang timbul pada pipi bisa jadi indikasi bahwa Anda alergi terhadap suatu bahan makanan. Biasanya makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu ada beberapa orang yang alergi terhadap makanan laut dan makanan yang berbau amis. Biasanya hal tersebut karena faktor keturunan. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengunjungi dokter sehingga Anda dapat mengetahui jenis makanan apa yang aman bagi Anda dan yang harus dihindari.

3. Alergi Terhadap Bahan Kosmetik

Jerawat pada pipi juga dapat disebabkan oleh kosmetik ataupun produk skincare yang Anda gunakan. Apalagi pada zaman sekarang ini, dimana produk kosmetik dan skincare menjamur di pasaran global. Banyaknya produk baru yang beraneka ragam membuat Anda bingung dan mencoba- coba bermacam produk tersebut. Untuk mengenali bahwa Anda tidak cocok dengan produk tersebut yang paling mudah adalah dapat dilihat dari reaksi fisik yang ditimbulkan oleh produk tersebut.

Bagian wajah yang sensitif adalah bagian pipi dan sekitar dagu. Jerawat yang muncul akibat reaksi alergi tersebut biasanya berwarna merah, berjumlah lebih dari satu dan terasa perih. Bahkan untuk alergi kosmetik yang sudah parah jerawat yang timbul dapat disertai dengan nanah. Untuk menghindari hal tersebut Anda harus pintar memilih kandungan produk pada skincare dan kosmetik yang akan digunakan.

Beberapa hal yang dapat memicu jerawat pada pipi diatas adalah hal yang biasanya terjadi pada kebanyakan orang. Jika jerawat pada pipi tidak kian membaik maka Anda disarankan untuk mengunjungi dokter dan spesialis kulit. Bisa jadi jerawat yang muncul adalah indikasi adanya penyakit tertentu.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar