10 Cara Perawatan Wajah Sehari Hari, Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan!

10 Cara Perawatan Wajah Sehari Hari, Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan!

Wajah adalah bagian dari tubuh yang paling sering terlihat ketika kita berbicara dengan orang lain. Maka dari itu lah, untuk membangun kepercayaan diri, kita perlu untuk menjaga wajah kita tetap cerah, bersih dan juga sehat. Berikut ini ada cara perawatan wajah sehari hari yang bisa Anda lakukan dalam waktu 7 menit saja namun hasilnya maksimal. Pelajari baik-baik!

1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Langkah pertama ini seringkali dilupakan dalam cara perawatan wajah sehari hari. Tangan kita memiliki bakteri yang hidup maupun yang kita peroleh saat aktifitas sehari-hari. Menyentuh wajah tanpa cuci tangan akan membuat bakteri jahat akan berpindah ke wajah Anda. Cara perawatan wajah sehari hari ini jangan sampai dilewatkan.

2. Air Saja Tidak Cukup

Air saja tidak akan bisa menghilangkan sebum berlebih, partikel yang larut dalam minyak, atau jenis kotoran lainnya. Air tidak memiliki kekuatan pembersihan dan kemampuan yang sama untuk menghilangkan kotoran seperti pembersih yang efektif. Namun, tetap gunakan produk pembersih yang resmi. Cek di cekbpom.com untuk memastikan produk tersebut aman.

3. Air Hangat

Hal ketiga dalam cara perawatan wajah sehari hari adalah jika Anda menggunakan pembersih wajah yang membutuhkan air, pastikan Anda menggunakan air hangat untuk mencuci muka. Air hangat akan membantu membuka pori-pori Anda sementara air yang terlalu panas malah akan membuat kulit Anda dehidrasi.

4. Perlakukan Lembut Kulit Wajah Anda

Kulit wajah lebih sensitif daripada kulit di seluruh tubuh, sehingga perlu ditangani dengan ekstra hati-hati. Tipsnya adalah bersikap lembut. Jangan menggosok kulit Anda secara agresif saat mencuci atau mengoleskan pelembab Anda. Untuk mengeringkan wajah Anda, tepuk-tepuk ringan dengan handuk lembut dan hindari menggosoknya dengan handuk kasar.

5. Jangan Berlebihan Membersihkan

Hindari pembersihan berlebihan. Pembersihan wajah dua kali sehari sudah cukup. Pembersihan yang berlebihan malah akan melemahkan kelembaban alami dan penghalang lipid yang membantu melindungi kulit Anda. Ini juga dapat meningkatkan kemungkinan masuknya iritan dan alergen ke dalam kulit.

6. Temukan Pembersih Yang Tepat Untuk Jenis Kulit Anda

Tidak hanya terdaftar ketika Anda mengeceknya di cekbpom.com, namun juga pastikan untuk menemukan pembersih yang tepat untuk jenis kulit Anda. Menggunakan produk yang salah justru bisa menyebabkan kulit rusak.  Itulah mengapa sangat penting untuk mencari pembersih lembut yang membersihkan wajah Anda secara menyeluruh dan pada saat yang sama merawat kulit Anda.

7. Gunakan Produk Yang Lembut – Apapun Jenis Kulit Yang Anda Miliki

Penting untuk memilih pembersih lembut, jangan gunakan yang terlalu keras. Pembersih yang salah dapat menghilangkan minyak alami kulit, membuatnya terasa kering, kencang, dan tidak nyaman.  Itulah mengapa sebaiknya pilih produk yang membersihkan dan melembabkan kulit Anda. Jangan tergiur dengan tawaran manis namun produknya belum terdaftar.

8. Hindari Menggunakan Sabun

Sabun dapat menghilangkan minyak alami pada wajah, membuat kulit terasa kencang dan kering dari sebelumnya. Terlebih lagi, sabun juga mengganggu pH alami kulit Anda. Ini cara perawatan wajah sehari hari yang jarang diketahui.

9. Bersihkan Wajah, Bahkan Jika Tidak Pakai Makeup

Tetap bersihkan wajah bahkan ketika Anda tidak memakai riasan. Pembersihan penting untuk menghilangkan polutan dan kotoran yang menumpuk di wajah Anda sepanjang hari.

10. Jangan Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Dengan cara yang sama seperti pembersihan berlebihan, pengelupasan kulit Anda terlalu sering dapat lebih berbahaya. Tergantung pada jenis kulit Anda, ahli merekomendasikan pengelupasan kulit sekali atau dua kali seminggu.

Itulah beberapa cara perawatan wajah sehari hari mulai dari mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar