Tips Memilih Produk Perawatan Wajah, Mahal Bukan Jaminan!

Tips Memilih Produk Perawatan Wajah, Mahal Bukan Jaminan!

Memilih produk perawatan wajah memang membutuhkan banyak pertimbangan. Pasalnya product yang mahal bukanlah jaminan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan apalagi cocok untuk Anda. Nah berikut ini ada beberapa tips dalam memilih produk yang sesuai untuk perawatan wajah Anda. Semoga bermanfaat.

1. Kenali Jenis Kulit Anda

Sebelum Anda mengoleskan sesuatu pada kulit Anda, ketahui dan pahami jenis kulit Anda. Lima jenis kulit dasar yang wajib Anda kenali adalah kulit kering, berminyak, kombinasi, sensitif dan normal. Apabila Anda kesulitan untuk mengidentifikasi nya, Anda bisa mendapatkan evaluasi jenis kulit yang lebih menyeluruh dari dokter kulit Anda sebelum memilih produk perawatan wajah Anda.

2. Pilih Bahan dengan Hati-hati

Setelah Anda mengetahui jenis kulit Anda, pilih bahan perawatan kulit yang tidak akan memperburuk kondisi yang ada. Misalnya, jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya hindari bahan-bahan yang bersifat mengeringkan seperti alkohol dan natrium atau amonium lauril sulfat tertentu. Oleh karena itu, jangan malas membaca label product.

3. Cari Lebih Sedikit Bahan

Ini bukan untuk mengatakan bahwa beberapa daftar bahan bertele-tele tidak mengandung formula berkualitas tinggi, tetapi membatasi jumlah bahan dalam produk Anda akan memastikan bahwa Anda mengetahui dan memahami masing-masing. Tidak semua bahan tersebut mungkin Anda butuhkan dan beberapa akan ditemukan sebagai gimmick atau hiasan saja.

Membatasi bahan juga membatasi kemungkinan Anda terkena reaksi alergi terhadap bahan tertentu. Oleh karena itulah, gunakan product yang benar benar Anda dapat pahami bahan-bahannya.

4. Lakukan Uji Sederhana

Sebelum Anda menerapkan product perawatan wajah ke seluruh permukaan kulit Anda, lakukan uji sederhana terlebih dahulu berukuran kecil.  Uji produk tersebut biasanya dilakukan pada area kecil kulit di bagian dalam lengan bawah Anda yang umumnya memiliki lapisan kulit tipis. Jika terjadi reaksi negatif, Anda tidak akan mengalami kulit merah, mengelupas, bengkak, atau iritasi di wajah Anda.

5. Tanyakan pada Ahlinya

Jika Anda masih tidak yakin tentang suatu produk, mintalah saran ahli dari dokter kulit Anda. Mereka dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar tentang produk terbaik untuk kulit Anda. Meski memang harganya mungkin takkan murah, namun ini adalah tentang bagaimana Anda mendapatkan manfaat secara aman.

6. Pastikan Memiliki Izin

Untuk membantu Anda dalam memilih produk perawatan wajah yang aman, pemerintah membantu melalui uji laboratorium pada BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Product yang lolos uji laboratorium bisa dianggap memenuhi persyaratan untuk dapat digunakan secara aman. Meski memang Anda juga harus mengujinya kecocokannya.

Untuk memastikan apakah produk tersebut sudah terdaftar dan aman, Anda bisa mengunjungi cekbpom.com dan mencari informasi seputar produknya.

7. Pastikan Keaslian Product Perawatan Wajah Anda

Sudah terdaftar di BPOM dan dapat dicek di cekbpom.com, namun Anda juga perlu memastikan apakah produk tersebut asli. Tidak sedikit barang tiruan yang beredar di pasaran dan tidak sedikit pula yang memiliki efek berbahaya. Pastikan selalu membeli di distributor resmi atau yang sudah terbukti keasliannya. Hindari iming-iming harga yang lebih rendah pula.

Itulah beberapa hal untuk memilih produk perawatan wajah. Ingat, jangan asal pilih, pahami dengan baik sebelum Anda menggunakan produknya. Jangan sampai karena produk yang salah, Anda malah merasakan efek negatif yang merugikan. Apalagi jika efek tersebut bersifat permanen. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar