8 Perawatan Wajah Berminyak dan Pilihan Skin Care Perawatan Wajah Yang Tepat

8 Perawatan Wajah Berminyak dan Pilihan Skin Care Perawatan Wajah Yang Tepat

Perawatan wajah juga perlu mempertimbangkan jenis kulit wajah. Salah satu jenis kulit wajah yang mungkin membuat Anda kurang percaya diri adalah kulit wajah berminyak. Berikut ini ada beberapa tips skin care perawatan wajah untuk kulit berminyak. Dijamin, Anda akan mendapatkan efek positifnya dan mendapatkan kepercayaan diri Anda.

1. Bersihkan di pagi dan sore hari

Langkah terpenting dari setiap rutinitas perawatan wajah adalah membersihkan kulit Anda. Jika kulit Anda cenderung berminyak, Anda mungkin dapat mentolerir lebih banyak proses pembersihan. Meskipun kebanyakan orang harus mencuci muka pagi dan malam, sangat penting bagi mereka yang memiliki kulit berminyak untuk membersihkan wajah secara menyeluruh di pagi hari.

Meskipun Anda mungkin merasa kulit Anda masih bersih di malam sebelumnya, pada malam hari kulit Anda sibuk melepaskan sel-sel kulit dan memproduksi minyak. Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci dengan pembersih eksfoliasi yang baik, baik di pagi dan sore hari. Gunakan pembersih atau cuci dengan produk skin care perawatan wajah seperti pembersih yang mengandung asam salisilat.

2. Gunakan toner

Setelah kulit Anda bersih dan bebas dari riasan, kotoran, dan minyak, sangat disarankan untuk menggunakan toner pengelupasan yang mengandung:

  • asam salisilat
  • asam glikolat
  • asam laktat

3. Rawat kulit Anda

Langkah proses perawatan wajah ini akan tergantung pada masalah kulit spesifik Anda.  Tetapi secara umum, jika Anda rentan terhadap jerawat, Anda harus menggunakan benzoil peroksida atau belerang di siang hari untuk membantu mengurangi produksi minyak dan mencegah berjerawat.

Di malam hari, direkomendasikan menggunakan produk skin care perawatan wajah yang mengandung retinol untuk membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan kulit bercahaya.

4. Melembabkan di pagi dan sore hari

Melembabkan adalah langkah yang sangat penting jika Anda memiliki kulit berminyak. Semua jenis kulit membutuhkan pelembab, tetapi jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda harus lebih berhati-hati dengan jenis pelembab yang Anda gunakan. Sangat direkomendasikan untuk memilih skin care perawatan wajah berminyak dengan karakteristik berikut:

  • ringan
  • bebas minyak
  • berbahan dasar air

Selain itu, pelembab apapun yang diformulasikan untuk kulit berjerawat harus memenuhi kriteria ini. Pastikan pula produknya dapat ditemukan di cekbpom.com untuk menjamin keamanan produknya.

5. Gunakan kertas blotting

Jika kulit Anda tampak bersinar sepanjang hari, sangat direkomendasikan penggunaan kertas minyak untuk mengontrol minyak berlebih. Untuk melakukan ini, tekan kertas dengan lembut ke kulit Anda selama beberapa detik.  Ini akan membantu menyerap sebagian besar minyak. Ulangi sepanjang hari sesuai kebutuhan.

6. Cuci Muka Setelah Berolahraga

Selain rutinitas pagi dan sore hari, sangat direkomendasikan untuk mencuci muka setelah berolahraga.  Ini sangat penting jika Anda tidak berencana untuk mandi segera. Mencuci wajah akan membantu menghilangkan keringat, minyak, dan kotoran yang mungkin menumpuk saat Anda berolahraga.

7. Pilih Produk Dengan Bijak

Pilih produk skin care perawatan wajah berminyak dengan bijak. Hindari produk apa pun dengan alkohol, yang dapat menyebabkan peningkatan jumlah sekresi minyak. Juga, hindari sesuatu yang kental atau berminyak, seperti cocoa butter, shea butter, dll. Pastikan juga dapat ditemukan di cekbpom.com.

8. Pakai tabir surya di luar ruangan

Saat berada di luar ruangan, pastikan untuk memakai tabir surya yang setidaknya mengandung SPF 30. Sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya yang mengandung titanium dioksida atau seng oksida. Bahan-bahan ini dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

Itulah beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam memilih produk skin care perawatan wajah berminyak dan juga bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Nurul Hidayah

Saya adalah orang yang gemar menulis tentang kesehatan dan kecantikan, karena bagiku sehat adalah hal yang utama begitupun cantik akan membuat diri kita menjadi lebih menarik.

Tinggalkan komentar